Selasa, 27 Agustus 2013

Pembicara Pada Seminar Fisika Internasional "16th Lomonosov Conference on Elementary Particle Physics" Moscow 22-28 Agustsus 2013.


Pelaksanaan Seminar

Seminar diawali dengan Kata Sambutan dari:
1.      Ketua Panitia Prof. Alexander I. Studenikin
2.      Direktur JINR (Joint Institute for Nuclear Research) Prof. V. Matveev
3.      Vice Rector Moscow State University Prof. Vladimir Podolsky
4.      Vice Dean of Faculty of Physics Moscow State University Prof. A. Vedyanin
Seminar Fisika Partikel Elementer Internasional 16th Lomonosov Conference on Elementary Particle Physics yang dilaksanakan tanggal 22-28 Agustus 2013 di Moscow State University Moscow Rusia diikuti sejumlah 156 peserta yang berasal dari 23 negara.   Seminar/konferensi ini adalah konferensi internasional bidang Fisika Partikel yang ke 16 dan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.  Seminar/konferensi yang ke-16 ini juga sekaligus memperingati hari kelahiran fisikawan ternama Bruno Pontecorvo dan ulangtahun ke-288 Moscow State University.
Jumlah pemakalah pada seminar ini sebanyak 139 orang (1 orang dari Indonesia) yang terbagi dalam beberapa planery session, sesi parallel, dan poster.  Jumlah makalah yang dipresentasikan pada planery session sebanyak 118 makalah, makalah pada sesi parale 12 makalah, dan makalah poster 12 makalah.
Makalah saya dipresentasikan pada planery session sehingga seluruh peserta konferensi melihat presentasi saya tersebut pada tanggal 26 Agustus 2013 pukul 13.15 waktu Moscow (Jadwal presentasi makalah terlampir).  Judul makalah saya pada seminar itu adalah:
µ-τ Symmetry, Nonzero θ13, and CP Violation
yang membahas kaitan antara simetri µ-τ dengan sudut campuran neutrino θ13 dan pelanggaran CP di sektor neutrino (foto kopi sertifikat sebagai pembicara terlampir).  Foto sewaktu saya mempresentasikan makalah saya dan beberapa foto lainnya terlampir.  Khusus foto sewaktu saya presentasi dapat dilihat berikut ini:


Dr. Drs. (Vet.) Asan Damanik, M.Si. saat menjawab pertanyaan
peserta pada waktu mempresentasikan makalahnya di  seminar
16th Lomonosov Conference on Elementary Particle Physics.

Hari terakhir seminar dihadirkan pembicara dari Princeton University Prof. J. Bleimaier dengan topik: The Intelligentsia and Social Movements.  Seminar akan ditutup panitia pada tanggal 28 Agustus 2013.

Upaya perintisan kerjasama antar bangsa

Selama seminar, penulis berusaha berkominkasi dengan fisikawan dari berbagai Negara pada saat rehat kopi dan makan siang.  Demikian juga pada sesi presentasi oleh pemakalah lain, penulis berusaha bertanya dan berpartisipasi aktif dalam seminar sehingga banyak peserta seminar dari Negara lain pada akhirnya mengetahui ada satu orang peserta sekaligus pemakalah dari Indonesia.  Pada umumnya mereka mempertanyakan mengapa pada berbagai forum-forum seminar internasional bidang fisika jarang ada dari Indonesia.  Demikian juga mereka mempertanyakan apakah pernah Indonesia melaksanakan Seminar/konferensi Fisika bertaraf Internasional.  Mereka berharap Indonesia juga menjadi tuan rumah seminar-seminar Fisika bertaraf Internasional di waktu mendatang sebab hampir 100 persen fisikawan peserta seminar itu belum pernah ke Indonesia dan ingin melihat Indonesia secara langsung sambil seminar Fisika.
Seminar yang dibiayai Direktorat Litabmas Dikti Kemendikbud ini merupakan seminar di luar negeri yang ke-4 yang saya ikuti atas biaya Program Bantuan Seminar Luar Negeri Dikti Kemendikbud.  Ada beberapa peserta yang sudah pernah ketemu pada konferensi atau seminar tahun sebelumnya sehingga kalau ada upaya kerja sama dengan mereka tidak begitu menyulitkan karena sudah saling kenal.

Beberapa foto penulis bersama fisikawan negara lain






Moscow, August 27, 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar